Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Rabu, 16 Oktober 2013

Toxoplasma? jangan salahkan kucing!

Toksoplasmosis disebabkan krn parasit protozoa Toxoplasma gondii

Kenapa kucing disalahkan?
Krn kucing merupakan satu-satunya host definitif toxoplasma, yang berarti bahwa hanya kucing yang dpt menghasilkan ookista di kotorannya yang dpt menginfeksi.
Tapi bukan cuma kucing yang menularkan toxoplasma,karena memakan daging kambing, babi,sapi,dll yang terinfeksi dan tidak matang sempurna juga dpt menulari manusia malah ini lebih besar drpd dr kotoran kucing. Rata-rata orang yang melakukan tes darah sudah pernah terkena toxoplasma (igG +), padahal tidak pernah pelihara kucing atau malah membenci kucing lho. Jadi anggapan toxoplasma dr kucing hanya sekedar "mengkambing hitamkan", krn toxoplasma bisa menular dr mana saja di lingkungan bukan hanya dari kucing.

Toxoplasma pd manusia tidak menimbulkan gejala dan tubuh akan otomatis melawan dan sembuh sendiri. Ini makanya bnyk yang tidak sadar sudah pernah terinfeksi.

Interpretasi pemeriksaan darah
  • igM +, igG -, artinya sedang atau baru terkena toxoplasmosis, pada saat ini tubuh belum membentuk kekebalan dan toxoplasma sedang aktif, saat inilah yang berbahaya sehingga bisa menyebabkan keguguran atau cacat janin. Tapi waktu kejadian ini hanya berkisar 3 bulan dan sebaiknya kehamilan ditunda terlebih dahulu
  • igM- , igG+ artinya pernah terinfeksi toxoplasma tetapi saat ini sudah terbentuk kekebalan, kejadian seperti ini banyak sekali terjadi dan banyak yang mengalaminya saat cek darah tanpa pernah menyadarinya. Hal ini sebetulnya aman, sebaiknya dicek lanjutan aviditas igG toxoplasmanya. jika aviditas tinggi artinya kekebalan yg dibentuk sudah baik.
  • igM+ , igG+, ini sangat jarang terjadi.. pada saat ini bisa saja baru terkena toxoplasma tetapi kekebalan sudah mulai terbentuk atau sudah pernah terkena toxoplasma tetapi terjadi reaktif. pada kejadian ini sebaiknya juga cek aviditas igG toxoplasma.
Toxoplasma tidak menyebabkan kemandulan, jadi anggapan kalau main dengan kucing bisa tidak punya anak itu salah besar. Toxoplasma memang dpt menyebabkan keguguran tapi hanya jika saat hamil muda atau 1-3 bln sebelum hamil baru terkena. Jika sudah terkena lama sebelumnya malah kita sudah punya kekebalan alami.

Beberapa pencegahan dapat kita lakukan seperti memakan daging yang matang sempurna hindari sate, steak,dll..
Meminum susu yang sudah dipasteurisasi, memakan buah-buahan dan sayur yang dicuci bersih, cuci tangan dengan air hangat dan sabun stelah mengolah daging mentah, bersihkan pisau dan talenan yang dipakai untuk memotong daging mentah sebelum dipakai untuk memotong bahan lain. Pakai sarung tangan untuk berkebun. Cuci tangan sebelum makan. Dan yang penting, beri makanan matang untung kucing anda, jangan biarkan dia makan daging mentah dan cegah dia berburu.
Bersihkan litter box nya setiap hari.

Pada ibu hamil, serahkan tugas membersihkan litter box kucing ke anggota keluarga lain.
Tapi memegang n mengelus kucing tetap diperbolehkan kok.

Disarankan sebelum program kehamilan dilakukan pemeriksaan TORCH terlebih dahulu

1 komentar: