Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Rabu, 16 Oktober 2013

Saat anak susah makan, penyebab dan solusi

GTM alias gerakan tutup mulut pada anak memang jadi momok dan buat galau kita sebagai ibu, setiap mau disuapi makan langsung deh mingkem kem ga mau makan... hmmmm..pusing

Sebetulnya sih ga perlu galau selama anak masih mau menyusu, namanya juga MPASI jadi yg utama tetap ASI. Jangan dipaksa please! karena anak bisa menjadi trauma pada makanan dan anak punya hak untuk menolak makanan.

Pertama-tama coba cari tahu apa penyebab GTM nya.. bisa macam2 lho.. misalnya anak bosan pada makanan, sakit, sariawan atau mau tumbuh gigi dan berbagai penyebab lain harus pintar2 mencari tahu dan mencari solusi.

Zidia sempat GTM di umur 8,5 bulanan... awal2nya dicoba diberi makan tidak pakai sendok tapi pakai tangan langsung, berhasil tapi hanya sebentar lalu sudah GTM lagi... dicoba makanan yang lebih lembut, mau tapi cuma sedikit.. hampir setiap jam makan aku buat menu cadangan, misalnya ga mau nasi tim atau bubur aku coba kasih ubi atau kentang.. kalau ga mau makan juga dicoba kasih buah yang mengenyangkan seperti pisang.. apapun dicoba supaya perutnya terisi walaupun cuma sedikit.

GTM nya berlanjut beberapa hari, makin bingung untuk cari menu makanannya... lalu terpikir untuk bawa Zidia ke tukang urut, seperti biasa Zidia mmg suka diurut... Dan Taarrrraaaa... abis dipijit paginya , siang dia sudah mulai makan walau sedikit dan sambil diajak main, besoknya sudah tidak menolak makanan dan selanjutnya mulai lahap kembali.

dan beberapa hari kemudian gigi ke2 nya muncul.. ternyata penyebab GTM nya adalah giginya yg sakit karena mau tumbuh dan badannya ga enak karena ada yg keseleo sebab Zidia lg aktif2nya bergerak, belajar berdiri, merangkak dan naik turun kasur..

Buat bunda-bunda yang galau karena anaknya GTM, coba dicari tau penyebabnya sambil upaya berbagai macam hal supaya anak mau makan kembali...


1 komentar:

  1. Jika Usia 2 tahun bagi seorang anak sudah seharusnya ia mengkonsumsi makanan seperti layaknya orang dewasa. Sebaiknya kebiasaan menyusui mulai dikurangi. Pengen tahu caranya temukan jawab solusi masalah susah makan pada anak anda di Tanyadok.com Portal tanya jawab seputar kesehatan

    BalasHapus