Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Rabu, 16 Oktober 2013

Ajari anak-anak kasih sayang tak berbatas!

Semua orang tua pasti ingin anak-anaknya menjadi anak yg berwelas asih, penuh kasih sayang dan tidak menjadi seseorang yang kasar kan? sudah pasti kitalah sebagai orang tua yang menjadi panutannya, ajarilah mereka kasih sayang!
Anak-anak adalah seorang peniru ulung, semua orang tua pasti membenarkan hal ini.. apalagi di masa golden age, anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Jadi kita sebagai orang tua haruslah menjadi seseorang yang juga penuh kasih sayang tidak berbatas, terhadap semua makhluk hidup!

Hewan ada di sekitar kita, apalagi kucing yang pasti banyak sekali di sekitar rumah kita dan pasti anak-anak kita akan sangat tertarik pada makhluk lucu itu seperti boneka tetapi bisa bergerak. Saya rasa semua anak akan menyukainya di masa awalnya mulai tertarik akan lingkungan tetapi selanjutnya menjadi seperti apa sikapnya terhadap hewan adalah tugas kita menyikapinya. Kalau kita mengajarinya memusuhi, memukulnya dan tindakan kasar lainnya, maka hal itu yang akan terus dilakukannya di dalam rekam ingatannya.. begitu juga bila kita menakutinya, dia akan menjadi takut juga.
 
Akan lebih bijak bila kita mengajarinya menyayangi hewan, tidak harus memegangnya bila kita sebagai orang tua takut atau tidak suka pada hewan. Tapi kita bisa mengajarinya dari jauh, "hai mpuss, lagi apa? lagi main yah? udah makan belum"
hal-hal kecil yang bisa membuatnya tau kalau kucing itu bukan makhluk yang harus dijahati, dikasari atau ditakuti.

jika kalian para orang tua tidak suka hewan , bertindaklah sewajarnya. jangan ajari anak-anak polos kita menyakiti makhluk Tuhan.
bila kita sedari kecil sudah mengajarinya kasar, menyakiti, memukul hewan jangan heran saat besar nanti dia akan menjadi pribadi yang kasar, menyakiti teman, membully teman atau bertengkar dengan temannya.

Apa yang kita tanam, itu yang kita tuai.. ajarilah kasih sayang jika ingin anak kita penuh kasih sayang,!
Ajarilah kekerasan jika ingin anak kita menjadi pemberontak, penuh temperamental, dll (saya rasa tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya seperti ini)

Zidia dari dalam perut sudah akrab sama hewan..hehe, yaiyalah bundanya dokter hewan...
dari bayipun sudah diajak akrab dengan hewan, memberikan keuntungan stimulasi motorik yang bagus untuk Zidia.

Tapi kan kotor? tapi kan ini? tapi kan itu?
anak-anak tidak kotor? saya rasa tidak mungkin jadi sebisa kita saja sebagai orang tua menjaganya.. kalau habis pegang hewan, ajarkan dia cuci tangan!

Jika memang kita pelihara hewan di rumah, jagalah kesehatan dan kebersihan hewan kita dengan benar. berikan obat cacing, vaksinasi, dll
pastikan juga hewan peliharaan kita sehat yah !



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar