Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Rabu, 16 Oktober 2013

Panduan MPASI Zidia



             Setelah 6 bulan asi ekslusif kini saatnya Zidia mulai makan. Aku sebisa mungkin akan menyiapkan makanan sehat, homemade dan sampai umur 1 tahun akan bebas gula, bebas garam dan bebas gluten. Sebisa mungkin kami menerapkan Zidia makan sambil duduk, awal2 di bouncer krn belum dapat duduk tegak lalu selanjutnya di highchair saat sdh dapat duduk tegak. Hal ini kami terapkan spy Zidia dapat disiplin makan ditempatnya dan makanannya tidak tercemar dan kotor oleh debu jika makan sambil keliling komplek. dan waktu makan kurang dari 30 menit, habis atau belum yah sudahi makannya rata2 sih Zidia makan 10-15 menit juga sudah habis.
Zidia di high chairnya


Cari cari info di grup Homemade Healthy Baby Food (HHBF) di facebook, aku dan Fatra sepakat Zidia akan mulai makan dengan mengikuti metode Food Combining dimana semua makanan akan dicoba pelan-pelan sesuai golongannya.  Dari beberapa anjuran aku beli “Buku Super Lengkap, Makanan Bayi Sehat Alami”dengan penulis Wied Harry, ahli gizi lulusan IPB ( 1 almamater nih) dan buku ini memang super super lengkap, sangat rekomend dan baiknya dibeli dr awal ada bayi bukan hanya memulai MPASI karena dibuku ini juga memuat makanan sehat untuk ibu menyusui.


                Bayi akan mulai makan di usia 6 bulan karena diumur ini organ pencernaan bayi sudah siap menerima makanan pendamping. Jangan memberi makan sebelum umur 6 bln karena akan banyak akibatnya.

Bahaya pemberian MPASI Dini
  • -          Mudah sakit krn sistem imunitasnya belum sempurna
  • -          Bayi tersedak karena sebelum 6 bulan koordinasi otot bayi belum sempurna
  • -          Diare /konstipasi atau bahkan pencernaannya rusak
  • -          Alergi
  • -          Obesitas
-          dll

Tanda bayi siap menerima MPASI
  • -          Mampu menyangga kepalanya dengan tegak 
  • -        Mulai memasukkan barang2 ke mulut
  • -         Tertarik saat kita makan 
  • Memberikan ekspresi bahagia saat mencoba tekstrur baru
  • Mudah gelisah dan rewel tak berapa lama setelah menyusu
Kenapa tanpa gluten, tanpa garam, tanpa gula dan non tepung
Gluten adalah bahan yang lama dimetabolisme, bisa 3 x 24 jam jadi akan memperberat kerja tubuh untuk membuangnya dan hal ini termasuk untuk orang dewasa. Gluten juga dapat memicu agresivitas anak, makanya pada anak-anak autisme dan hyperaktif gluten tidak diperbolehkan.

Garam dan gula dapat memperberat kerja ginjal, hindari dulu dapatkan rasa alami manis dari buah2an dan bahan makanan lain. Rasa gurih bisa didapatkan dr bawang2an yg bs diberikan saat bayi 8 bln, bumbu2 aromatik seperti daun salam, sereh, daun jeruk juga bs diberikan.
Dan tepung2an termasuk instant dapat mempertinggi kadar gula darah pada bayi dan hal ini juga dapat memicu agresivitas anak

 Gluten dan gula ini memicu kadar gula darah tinggi yang akan membuat pankreas bekerja lebih keras dan akan menjadi lebih cepat rusak sehingga resiko terkena diabetes pada usia muda akan menjadi semakin besar.
Karena niatnya adalah memberikan makanan sehat untuk kami jadi informasi yang kami dapatkan diusahakan kami terapkan ke anak kami, sehat alami. Jika dalam keadaan emergency pemberian makanan instant bukanlah larangan tapi sebaiknya dihindarkan, kita seperti menabung dalam tubuh bayi kita. Mungkin tidak terasa langsung tapi akan terasa kelak saat dia tumbuh dewasa, terhindar dari ancaman diabetes dan penyakit-penyakit metabolisme nanti. Aamiin..


Jadwal pemberian MPASI utk Zidia
6 bulan :
-           Pagi :  bangun tidur jus buah (pepaya,jeruk, melon,dll), buah yg dipilih sebaiknya buah yg manis. Jangan takut sakit perut memberi bayi buah saat perut kosong karena justru buah sebaiknya diberikan saat perut kosong.
      ASI sesuka bayi
\
^    6 bulan 2minggu
-          Pagi:  jus buah
-          Sore :  karbohidrat tunggal (puree kentang, labu parang, ubi, kabocha, jagung,dll)
ASI sesuka bayi di sela waktu makan

7 bulan
-          Pagi: jus buah (konsistensi sdh bs ditingkatkan dr cair menjadi agak kental)
-          Siang dan Sore: puree karbohidrat + sayuran
      ASI sesuka bayi di sela waktu makan

7 bulan 2 minggu
-          Pagi: jus buah
-          Siang dan Sore : karbohidrat (sdh bs mulai bubur saring), sayuran dan protein nabati (tahu tempe)
ASI sesuka bayi

 8 bulan
8 b
Pagi      Pagi bangun tidur : Jus buah
-          Pagi setelah mandi : karbo (ubi, kentang , jagung) + protein+ sayur
-          Siang dan Sore :  karbohidrat + sayuran + protein hewani (kuning telur, ayam, ikan air tawar, belut)
      ASI sesuka bayi  (biasanya jam 10, jam 13.00, 15.00, 18.00 dan malam, tdk patokan pasti Zidia aja mintanya tp dikontrol saja tidak sehabis makan atau sebelum jam makan)

9bulan dan selanjutnya
-          Pagi bangun tidur : jus buah/buah potong
-          Pagi setelah mandi : karbo (ubi, kentang , jagung) + protein+ sayur
-          Jam 10 : cemilan pagi
-          Siang dan sore : nasi tim (9bln) setelah itu bs nasi lembek + sayur n protein
-          Jam 15.00  : cemilan sore
ASI sesuka bayi tapi diperhatikan ke jam makan, tidak tepat setelah makan krn kalau kekenyangan Zidia muntah, atau tidak tepat sebelum jam makan krn bs mengganggu nafsu makannya. Beri jeda menyusu dan makan minimal 30 menit-1jam. Kita yg mengerti perut bayi kita, kalau kira2 sebelumnya makan banyak dan minum air putih banyak jangan langsung diberi ASI tetapi kalau hanya sehabis makan camilan sedikit kita boleh memberinya ASI.

MPASI hanyalah Makanan Pendamping ASI jadi ASI tetaplah yg utama...


Sumber : Buku Super Lengkap Makanan Bayi Sehat Alami, Wied Harry A. dan  Grup FB, Homemade Healthy Baby Food (HHBF) https://www.facebook.com/groups/hhbabyfood/

2 komentar:

  1. Salam kenal bun. methods food combining pure buah memang harus di pagi hari? Kalu mau kasi 2x sebaiknya jam berapa saja? Thanks u

    BalasHapus
  2. Salam kenal bun. methods food combining pure buah memang harus di pagi hari? Kalu mau kasi 2x sebaiknya jam berapa saja? Thanks u

    BalasHapus