Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Senin, 16 Mei 2016

Day 5 - Mengelola keuangan Rumah tangga

Sy bukan lulusan sekolah keuangan, bukan org akuntansi tp Istri konsultan..hihihi
Jadi tulisan ini dibuat karena request emak2 Puspa dan disupervisi suami Juga suami sebagai editornya.

Menikah hampir 6 tahun dan diajari bgmn mengelola, dr yg awalnya sy terima beres aja ga ngerti bgmn mengaturnya lalu diajari sampai akhirnya diberi tanggung jawab untuk mengelola.

Sebetulnya kebutuhan dan gaya hidup disesuaikan dengan pendapatan, jangan gaya hidup wow tapi pendapatan ga sebanding lalu ga punya tabungan ya buibu! Tapi yah namanya kerja capek bolehlah mengapresiasi diri dengan fasilitas yang layak.

Pendapatan yg dimaksud yaitu gabungan pendapatan suami dan Istri. Pendapatan ga harus berupa gaji formal dr kantor, jualan atau bisnis sampingan ttp masuk pendapatan ya.

Pengeluaran
Pertama yaitu harus ditunaikan dulu kewajiban yg berupa hutang seperti angsuran Rumah, mobil, DLL. Nah kewajiban ini maksimal 30% dr total pendapatan.. Jika ternyata dihitung total kewajiban lebih dr 30% maka itu Sudah over.

Kedua yaitu kebutuhan Rumah tangga meliputi uang masak, sabun, Listrik, makan di luar, jalan2 ke mall, ongkos kerja, bayar sekolah, memberi orang tua, DLL
Yg ini tips lengkapnya dibahas lg dibawah yaa..

Ketiga yaitu tabungan, tabungan dgn persentase minimal 20% dr total pendapatan.
Tabungan dibagi menjadi tabungan jangka pendek yang akan berguna jika anak sakit, uang sekolah , Dana renovasi Rumah, DLL
Sedangkan tabungan jangka panjang untuk Dana pensiun, asuransi jiwa, Dana kuliah anak yg biayanya lebih besar dr sekolah. Nah untuk tabungan jangka panjang ini saya dan suami sepakat memakai emas,karena nilai emas yang stabil jadi harapan kita uang yang kita tabung untuk jangka panjang scr nilai dimasa datang akan tetap sama dengan yang kita buat dari saat ini.

Nah kita masuk tips mengelola yg no 2,
Ibu2 nih yg biasanya bingung. Bagaimana sih spy uang yg dikasih suami itu cukup?
Pertama tentukan budget!
Budget tentu disesuaikan dgn yg selama ini kita butuhkan. Misal paling mudah ditentukan Listrik.
Buatlah daftar pengeluaran rutin kita setiap bulan lalu tulis nominalnya!
Ex:
makan/belanja sayur
Belanja bulanan supermarket (sabun, shampoo, sabun cuci, minyak, DLL)
Susu
Diapers
Listrik
Keamanan/kebersihan
Makan di luar (hangout)
Pulsa
Telpon/internet/cable TV
ART
...
...
Lain2 (dana cadangan)

List tersebut tidaklah hrs sama persis lho krn kebutuhan Rumah tangga setiap Rumah tangga tentunya beda, misal sy dr yg diatas ada lg budget beli buku dan beli makanan kucing.

Setelah menentukan budget lihatlah apa budget itu masuk akal? Cukup sesuai dgn pendapatan?

Nah menjalankannya tentunya dgn disiplin, kalau uang hangout Sudah habis ya berarti puasa hangout sampai bulannya berganti (kecuali dapat penghasilan tambahan diluar yg tercatat).
Untuk menjalankan ini spy bs tau uang msh ada atau tdk sdgkan lupa dicatat enaknya pakai dompet pos2. Poskan deh masing2,  ini bagian hangout, ini bagian dapur, ini bagian Pulsa, DLL lalu saat mengeluarkan uang ambil sesuai posnya. Kan ketauan tuh lalau pos tersebut Sudah menipis tandanya hrs mulai rem2 keinginan. Kuncinya lagi2 disiplin (jujur sih awal2 susah bgt dan suka ga disiplin).
Dompet pos2 itu membantu bgt buat yg males nyatat dan lupaan.


Contoh dompet pos-pos


Tips menghemat belanja lainnya lakukanlah bulanan bukan mingguan ataupun harian!
Belanja sabun, shampoo, DLL lakukanlah bulanan toh ga bakal basi disimpan jg kan? Ini menghindari lapar mata asal comot pas di supermarket.
Saat belanja pun wajib bawa list kebutuhan, ambil sesuai kebutuhan.. Jangan butuhnya sabun mandi tp belinya banyak anaknya.. Hehehe.. Ayo ngaku ibu2 suka gitu kan?

Belum pernah bikin list dan bingung? Coba bulan depan belanja ke supermarket dan ambil benar2 sesuai kebutuhan (yg printilan ga penting belakangan deh).
Lalu sampai rumah itu struk dilihat lg dan dicatat mana yg kebutuhan utama yg setiap bulan pasti butuh.. Nah dapat deh tuh daftat kebutuhan belanja bulanan plus nominal harganya.
Kalau tiap bulan mmg beli jajanan cemilan seperti biskuit ya gpp jg dimasukkan daftar kebutuhan. Disiplin hemat sesuai kebutuhan tapi yah ga pelit2 amat Juga yaaa!

Nah itu dia sekilas cara sy mengelola keuangan Rumah tangga..
Kapan2 bs ditambahin lg kalau misal ternyata ada yg belum lengkap.
Semoga berguna..

2 komentar:

  1. Posnya sudah ada, tapi yg suka ngacak2 pos justru PakSu... Hhmmm

    BalasHapus
  2. Pengen belajar deh mbak Nal untuk ngatur keuangan yang baik dan benar..selama ini masih belum bisa sepertinya..bocor sana-sini..semoga bisa lebih baik kedepannya..trims tips nya mbak Nal..btw, dompet untuk pos2 nya beli dmana ituh?mau dung...(dewi)

    BalasHapus