Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Minggu, 05 Juni 2016

Day 17- Tips mengajak anak berenang

Pagi ini Abiyyu berenang di kolam besar untuk pertama kalinya lho... Seru dan jelas happy bgt anaknya.

Persiapan untuk mencoba berenang di kolam umum kurang lebih sama ama abangnya dulu tapi dengan perbaikan krn sdh pengalaman.

Papiku itu mantan atlet renang, sekeluarga sih krn dr opaku dulu.
Si Papi dan Mami jaman abangku dulu masih jd guru renang dan sudah pengalaman bawa bayi nyemplung kolam bahkan dr umur 2-3bulan udah pakein pelampung dan berenang2 sendiri aja gitu di kolam. Jadi nyeburin bayi ke kolam renang bukan hal bahaya..



Beberapa hal yg kuperhatikan sebelum mencoba anak berenang:

1. Pastikan si anak memang anak yg tipe suka air, ada bbrp anak yg memang ga suka air.. Yah dr sananya, mandi aja suka nangis.
Berhubung Abiyyu katanya anak air krn hampir lahir di air, kata bubid ga takut air

2. Karena kolam umum rata2 airnya dingin, jd biasakan dulu si anak dengan air dingin. Mulai mandikan dengan air dingin di Rumah sebelum rencana ke kolam renang bs dimulai seminggu sebelumnya.

3. Pelampung renang, lebih seru pakai pelampung jd anak bs eksplore dan menggerakan semua anggota badannya bukan hanya sekedar main air. Baby bs pakai neck ring, lalu swim training selanjutnya pakai pelampung tangan. Pelampung tangan yg disarankan papiku adalah yg terdiri dr 2 bagian atas bawah bukan depan belakang. Nanti sering waktu dia terbiasa jd bisa dikempeskan salah satu tanpa membuatnya kendor.
Abang skrg pakai yg tipe pelampung ini.
Ada sih saran yg tidak perlu pakai pelampung dan biarkan anak alami renang, hehehe aku belum senekad itu.
Penggunaan pelampung yg banyak dipakai yg ada buat anak duduk sy tidak menyarankan krn yg masuk ke air hanya kaki sedangkan separuh badannya ada diatas ini akan membuat si anak kedinginan dan jelas ini hanya main air kan? Badannya jg tdk bergerak.

4. Tempat, pilih tempat yg tidak terlalu ramai. Selain air yg pasti akan lebih bersih dan akan lebih nyaman buat anak. Hotel pilihan yg terbaik, atau kolam renang sport club komplek.

5. Waktu, pilih waktu pagi atau sore. Jangan di terik matahari dan Juga jgn terlalu pagi saat suhu masih dingin. Dan pastikan perutnya jangan kosong ya, nanti masuk angin.

6. Durasi, ini tergantung anaknya. Pertama Kali jangan lama2 dulu 5-10 menit sudah cukup supaya dia tidak kedinginan.

7. Its time to swim.. Saat masuk ke kolam renang jangan lsg dicemplungkan, tapi pelan2 dan biar dia merasakan airnya serta tidak kaget. Biarkan dia merasa nyaman, kalau ternyata si baby merasa tidak nyaman jangan dipaksa yaaa...
Seluruh badan berada di air akan Lebih hangat drpd separuh diatas yaa...
Setelah selesai lsg buka bajunya dan balut dengan handuk kering lalu bilas lg.
Jangan lupa pastikan kondisi anak sebelumnya sehat ya, jangan paksakan jika dia bapil atau demam.
Selamat berenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar