Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Selasa, 08 Desember 2015

Prenatal Yoga dan Prenatal Class

Bahasannya agak basi dan ketinggalan, harusnya ini dulu sebelum cerita proses lahiran..hehehe

better late then never.. soalnya kalau ga dibagi jadinya ga tau kalau untuk melahirkan seindah pengalamanku itu ga instant, ga tiba-tiba tapi butuh pemberdayaan diri dari masa kehamilan.

Aku mulai yoga hamil dari usia kehamilan 21 minggu, ikut kelas sama bidan Yuli. Yoga setiap hari minggu (kalau pas jadwalnya cocok sih, tapi beberapa kali juga absen...eh sering deng)

Bidan Yuli mmg punya paket Prenatal Yoga dan Prenatal class yang boleh ikutan Yoga dr hamil mulai 20 minggu sampai persalinan dan ada kelas dimana kita diajarkan berbagai macam pengetahuan yang walaupun hamil anak kedua masih banyak lho yang belum kita tahu.

Yoga setiap hari minggu pagi di Tridas waterpark, berhubung di kolam renang jadilah si abang Zidia dan ayahnya rutin berenang..

Di kelas kita diajarkan macam-macam diantaranya
  • Mengenal perubahan tubuh semasa hamil dan 2 minggu menjelang persalinan
  • Tindakan kenyamanan selama kontraksi seperti Hypnobirthing, Rebozzo, Accupressure, Endorphine Massage
  • Simulasi Persalinan
Juga ada tambahan dengan membahas Birth Plan dan kita dikasih lembaran khusus jadwal apa yang harus dilakukan selama kehamilan trimester 3. Misalnya pelvic rocking sehari 3x , jalan pagi dan sore seminggu 3x, Yoga seminggu 3x, endorphine massage , accupressure, relaksasi, stimulasi musik, dll
 Pokoknya bekalnya pooool bgt deh, jadi makin pede dong kalau bekalnya cukup...


Di yoga juga diajarkan teknik pernafasan bagaimana tanpa mengejan, bagaimana mengatasi SPD, bagaimana mengatasi sakit pada selangkangan, dll..
dan ajaibnyaaaa.. aku yang semasa kehamilan Zidia SPD (Symphisis Pubis Dysfunction) yang pernah sampai ga bisa jalan dan setelahnya harus pakai maternity belt kemanapun aku pergi. Pada kehamilan ini juga mulai berasa diusia kehamilan belasan minggu lalu hilang semenjak aku rutin prenatal yoga.
Kehamilan kali ini berasa tanpa banyak keluhan deh, karena badan berasa fit banget..

Dan dibuktikan ilmu-ilmu ini ternyata bermanfaat banget saat proses persalinan...

Sumber Foto : Facebook Yuliecana Mekanik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar