Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Senin, 07 Desember 2015

My Birth Plan

Birth Plan? Apa sih?
sebetulnya berisi tentang rencana melahirkan seperti apa yang kita mau dan inginkan dan langkah-langkah apa yang diambil jika ada tindakan emergency yang terjadi. Birth plan diberikan kepada petugas medis yang akan membantu kita dalam proses persalinan nanti. Jadi baik beliau atau kita sudah tau langkah apa yang diambil tanpa perlu banyak diskusi, hanya perlu memastikan saja. Lagijuga saat keadaan darurat atau kesakitan kadang kan ga bs mikir ya? jadi lebih baik sudah dipikirkan saat masih dalam perencanaan dan dalam keadaan sehat.

Birth Plan buat ku sekedar rencana tetapi bukan syarat mutlak yang harus dilakukan, kondisi yang akan lebih menyesuaikan jadi jangan sampai keadaan darurat tetapi tidak sesuai dengan birth plan masih aja ngeyel..hehe

Berikut contoh Birth Plan yg kubuat dan kukirimkan ke bidan Yuli by Email..heheh baru by Email blum sempat diskusi panjang eh udah KPD duluan... tapi Alhamdulillah karena sudah dikirimkan jadi saat KPD n HPL maju itu, bidan Yuli sudah tau apa yang aku mau.



Bekasi, November 2015
Kepada Yth.
Para Bidan
Di Klinik Puspa, Tambun

Dengan hormat,
Berikut adalah rencana persalinan dan perawatan bayi baru lahir yang kami inginkan. Kami sadar bahwa proses kelahiran yang kami inginkan ini hanya dapat dilaksanakan apabila bayi dalam kondisi berikut:

  • bayi baru lahir cukup bulan atau hampir cukup bulan (>35 minggu),
  • berat lahir lebih dari 2000 gram
  • bayi didiagnosa Normal
  • langsung menangis saat lahir
  • seluruh tubuhnya tampak kemerahan, tidak pucat dan tidak biru
  • gerakannya aktif
  • refleks hisap menyusu kuat
  • tidak ada tanda-tanda patologi, sejak kelahiran sampai dipulangkan ke rumah.

RENCANA PERSALINAN
Nama                          : Nalia Putriyanda
Alamat                         : Jl. Rambutan Indah. Cluster Vicsha Blok B6. RT. 009/RW 011. Kp. Jaha. Jatimekar-Jatiasih. Bekasi 17422
Hp                               : 081398669638
Nama Suami               : Adi Fatra
Hp                               : 081808916175
Dokter Kandungan      : Wulandari, SpOG (RS Awal Bross Bekasi)
GPA                            : G3P1A1
Hpht                            : 9 Maret 2015
Anak Pertama             : Rakazidia Inggoro Ralia
TTL                              : 21 Desember 2012
Kelahiran                     : Normal, Induksi balon, induksi per infus, vacuum dan episiotomy
Proses persalinan adalah sebuah peristiwa yang sakral dan tentunya merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup Saya. Saya menginginkan proses persalinan menjadi sebuah momen indah yang layak untuk dikenang. Saya dan suami telah mengetahui proses persalinan seperti apa yang ideal bagi keluarga kami, Untuk itu Kami merasa perlu membuat rencana persalinan sehingga setiap orang baik bidan dan dokter yang merawat saya tahu apa yang saya inginkan dalam proses persalinan nanti.
Proses Persalinan       : Waterbirth jika memungkinkan atau kelahiran normal, alami yang nyaman untuk ibu dan bayi.
Pendamping                : Suami dan atau ibu kandung.
Tempat                        : Klinik Puspa
Penolong                     : Bidan Yuli dan rekan bidan lain yang bertugas.
Pereda rasa sakit        : Saya mempunyai alergi obat penahan sakit antipiretik/analgetik berupa paracetamol/ asam asetil salisilat, asam mefenamat, dll. Kecuali golongan opioid seperti Tramadol supp pernah diberikan tetapi tidak menimbulkan reaksi alergi.
Memantau denyut jantung bayi: Kami berharap pemantauan denyut jantung bayi selama proses menuju persalinan selalu dipantau petugas medis.
Pemeriksaan pembukaan : Kami berharap pemeriksaan serviks dilakukan tidak terlalu sering dan dilakukan dengan lembut tanpa menyakiti ibu.
Persalinan dengan bantuan    : Kami berharap dihindarinya tindakan induksi, vacuum dan episiotomy, terkecuali pada kondisi tertentu yang harus didiskusikan dulu dengan kami.
Setelah kelahiran        : - Saya ingin bersentuhan langsung dengan bayi, sesegera mungkin dilakukan.
-       IMD selama 1 jam penuh
-       Delay Cord selama memungkinkan
Penanganan bayi        : - Saya ingin bayi saya ASI ekslusif dan tidak diberikan asupan lain tanpa sepersetujuan saya.
-       Bayi berada dalam 1 ruangan dengan saya dalam perawatan.
Situasi di luar rencana      : - Jika dalam proses kelahiran memerlukan operasi Caesar saya ingin dirujuk ke dr. Wulandari, SpOG di RS. Awal Bross Bekasi.
-       Jika bayi kami memerlukan bantuan medis darurat setelah kelahiran, kami ingin bayi dirujuk ke RS Hermina Grand Wisata dengan dr. Erwin Lukas, SpA
Kami sangat berharap petugas-petugas kesehatan (dokter, bidan, dan perawat) di tempat yang kami rencanakan untuk melahirkan bisa membantu dan bekerjasama dengan kami agar segala proses persalinan dan perawatan bayi di awal kelahirannya ini dapat berjalan dengan lancar,sesuai dengan harapan kita semua.
Demikian rencana persalinan kami, semoga berkenan di hati petugas sekalian dan kita dapat bekerjasama dengan baik. Atas perhatian dan bantuan yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.
Hormat kami,


Nalia Putriyanda                                                         Adi Fatra

2 komentar:

  1. Mmm..nal itu data pribadi alamat notelp. sebaiknya di kaburkan deh hehehehe..kuatir aja hari gini.habisnya jelas banget.

    BalasHapus
  2. Mmm..nal itu data pribadi alamat notelp. sebaiknya di kaburkan deh hehehehe..kuatir aja hari gini.habisnya jelas banget.

    BalasHapus