Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Kamis, 07 Januari 2016

Habis melahirkan harus tetap cantik dan segar ya... Bagaimana sih?

Karena aku melahirkan dengan nikmatnya, sudah baca kan ya postingan tentang melahirkanku? Jadi hari-hari pasca melahirkan tuh rasanya bahagia dan lumayan segar tanpa stres tapi yah capek mengurus bayi dan abangnya juga pasti ada dong?

Di hari ke-3 pasca melahirkan, lagi-lagi Team Rumah Puspa datang ke rumah untuk perawatan, ibunya di massage seluruh badan ,massage payudara, sauna, mandi rempah juga. Si baby di cek tali pusatnya dan di imunisasi. TOP banget kan ini ibu bidan tercintaku? hehehe...

Ternyata sama beliau juga diajarkan memakai bengkung, apa sih bengkung? semacam gurita untuk menyanggah rahim yang dibelitkan ke perut ibu, panjang bengkung ini bisa 10-13 m lho. Dari yg aku merasakan rahimku sakit banget kalau meyusui (wajar sih ini reaksi dari proses mengecilkan rahim), pakai bengkung ini langsung enaaaak bgt deh. Dan ternyata pemakaian bengkung ini bisa membantu mengurangi stretch mark lho, memang yang tradisional itu mantap dan banyak manfaatnya, ga kalah dari yang modern.


Ibu sehabis melahirkan bisa mengalami yang namanya kulit kering karena dehidrasi, rambut rontok, badan pegal, dll.. untuk mengatasi kulit kering wajib banget minum air putih yang banyak, hal ini sekaligus untuk memperlancar ASI. Aku bisa minum segelas penuh sebelum menyusui lalu segelas lagi setelah menyusui. Rambut rontok biasa terjadi dikarenakan perubahan hormonal dan juga nutrisi yang kurang, ibu menyusui harus banyak makan..jangan takut gemuk!
Cara aku sih mudahnya saat menyusui aku memotong pendek rambutku supaya lebih mudah perawatannya dan rontokan rambutnya tidak mengganggu si bayi, lalu bisa pakai vitamin rambut dan hair tonic dan juga makanan bergizi.. wajib yaaa makan enak dan makan banyak...hehehe

Pasca melahirkan ini aku juga lagi ketagihan banget sama yang namanya Essential Oil, pakai diffuser di kamar lalu nyamanlah semua si bayi, si abang dan ayah bundanya. Rasanya sakit badan hilang dan tidur lebih nyenyak.

Satu lagi tambahan agar badan segar dari ibu sehabis melahirkan itu banyak gerak, jangan terlalu banyak berdiam diri.. olahraga ringan juga sudah diperbolehkan kok, apalagi jika melahirkan normal. Kalau yg melahirkan Caesar sebaiknya konsultasikan dulu ya!

Ibu yang bahagia melahirkan tanpa adanya trauma, anak-anak yang sehat dan suami yang mendukung dan membantu urusan-urusan kecil tentang anak jadi kunci cepatnya pemulihanku pasca melahirkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar