Rakazidia

Lilypie Third Birthday tickers

our journey of love

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Rabu, 31 Oktober 2012

Trimester kedua (12-24 minggu)



Memasuki Trimester kedua, kehamilan menjadi lebih mudah dan nikmat..mual muntah sudah mulai berkurang dan sudah bisa dibawa aktifitas dengan lebih baik..

15 minggu 1 hari (13 Juli 2012)
Di Trimester kedua kita bisa lihat kondisi janin dengan lebih jelas, tidak Cuma mengukur CRL tp mulai bs tau besar kepala (BPD), panjang tulang paha (FL) dll, Bbjanin, letak plasenta dll..
Saat pemeriksaan ini belum menyangka kalau sudah bisa keliatan jenis kelaminnya, eh tiba-tiba dok Kus bilang “wah ini ada monasnya”.. aku langsung ngeh kalau maksudnya penis dan dede laki-laki. Tapi Ayahnya bingung maksudnya apa, tapi setelah tau dia ketawa-ketawa sendiri saking senengnya si dede cowok... hehe...
Letak plasenta di fundus (rahim atas), Alhamdulillah tdk previa, semoga seterusnya..
BB ku : 47,6 kg (mulai naik lagi..horeee), Tensi ; 106/59
BPD; 35 mm dan FL 16,7 dan BBj 108 gr


17 minggu 6 hari (1 agustus 2012)/ Usus Buntu
Kontrol kali ini tidak dalam rencana, sudah beberapa hari ini perut bagian kananku sakit, aku curiga usus buntu karena sakitnya tidak hilang berhari-hari malah beberapa hari sebelumnya sampai tidak bisa jalan. Agak ragu ini sakit karena dede yang semakin besar atau usus buntu, jadilah aku kontrol dadakan malam-malam ke RS. Pertama langsung ke dok Kus, beliau jg menduga usus buntu karena kalau sakit karena dede letaknya tidak di 1 tempat tapi pindah-pindah. Malam itu juga dirujuk ke UGD karena dokter ahli bedahnya sudah pulang.  Dokter UGD nya dr.Bobby, wah ini dokter mantap deh klien edukasinya, beliau tidak tahu kalau aku dokter hewan tapi menjelaskan secara detail  tentang usus buntu, tentang obat penahan sakit yang diberi,dll.  Aku diperbolehkan pulang dengan catatan besok USG menyeluruh oleh ahli USG dan akan ditentukan setelah itu perlu operasi atau tidak. Diagnosa agak sulit dilakukan karena aku sedang hamil jadi tidak bisa dilakukan pemeriksaan xray khusus usus buntu
Besoknya setelah USG diketahui ada penebalan di bagian usus buntu dan aku positif terkena radang usus buntu kronis (kalau akut harus segera operasi dan lebih berbahaya). Dirujuk lah aku ke dokter bedah kali ini dengan dr.Ferdi, sudah senior dan cara ngomongnya blak-blakan.
Kata beliau “tidak usah operasi,minum obat saja dulu..kalau saya suruh operasi juga kamu pasti menawar supaya tidak operasi kan?” blak-blakan banget dengan nada logat menado nya yg keras.
Padahal aku sudah menyiapkan hati dan diri dan sudah konsultasi dengan beberapa orang bagaimana baiknya, kalau harus operasi sudah siap. Tapi dr.Ferdi bilang tidak usah operasi yah lebih baik, tapi dengan catatan JIKA SAKIT TIBA-TIBA DAN BERTAMBAH PARAH HARUS LEKAS OPERASI.
Alhamdulillah setelah beberapa hari minum obat, sakitnya mereda.. tapi surat rujukan jika tiba-tiba sakit dan harus segera operasi selalu aku bawa kemana-mana.

18 minggu
Wah aku sudah mulai merasakan tendangan cinta dari dede, rasanya?? Ga bisa diungkapkan..bahagia sekali..
Semakin hari, di hari lebaran kedua malah perutku sudah mulai terlihat menonjol saat dede bergerak.. semakin hari gerakannya semakin kuat dan sensasinya buatku makin terasa menyenangkan.

22 minggu 5 hari (5 September 2012)
Memasuki akhir trimester kedua, semakin menyenangkan..  saat usg kali ini kepala dede masih di atas tapi tidak perlu khawatir karena masih akan berubah, karena dede masih kecil jadi ruang untuk memutar masih besar.
Bbku: 52,2kg, Tensi 107/57
 BBj 656 gr
BPD; 5,8cm dan FL: 4.04cm
Bulan selanjutnya aku mau kontrol usg 4d, tp karena di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur belum ada fasilitas ini jadi aku harus cari RS lain deh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar